15 January 2013

6 Model Dinding Bertekstur

Posted by achmad taufik On Tuesday, January 15, 2013 8 comments
Dalam beberapa waktu belakangan ini, bentuk permukaan dinding sudah mulai banyak berkembang. Plesteran dan acian pada dinding tidak harus selalu rata, lurus, dan licin. Model dinding dengan tekstur tertentu banyak digunakan sebagai aksentuasi bangunan.

Bentuk permukaan dinding sudah mulai banyak berkembang

1. Tali Air atau Sulur-sulur
Model tekstur yang paling banyak digunakan adalah jenis tali air atau sulur-sulur.'Tali air adalah sebuah teknik membuat tekstur pada permukaan dinding bangunan. Tekstur ini hanya berupa cekungan atau tambahan plesteran yang membentuk garis lurus. Jenis ini terbuat dari bahan adukan dengan komposisi lebih banyak semen dan sedikit pasir. Proses pembuatannya menuntut keahlian, ketelitian, dan tingkat kesabaran yang tinggi. Sebelum membuat tali air, pastikan pasangan tembok yang sudah diplester dalam keadaan kering. Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kayu dan garpu untuk mencetak
. Untuk tali air dengan ukuran yang kecil (kira-kira l cm), dapat menggunakan alat bantu garpu yang memang dikhususkan untuk membuat tali air, atau garpu untuk menggaruk tanah. Untuk ukuran yang besar (2cm-5cm) digunakan alat sebagai patokan lurus, semacam penggaris dalam ukuran yang besar. Tarik benang dan ukur menggunakan selang timbang sebagai panduan untuk menjaga agar tali air tetap lurus dan tidak melengkung. Selama ini hanya dikenal tali air yang membentang secara horizontal. Namun tali air ini juga bisa dibuat dengan posisi.

2. Relief
Dinding dapat juga dijadikan media untuk membuat karya seni dengan menggunakan model tekstur relief. Bentuk gambar yang terdapat pada relief dapat merupakan sebuah illustrasi, penanda, lambang, atau tidak berarti sama sekali, berupa hiasan dengan bentuk hewan ataupun tumbuhan. Teknik pembuatannya adalah dengan menggambar dan membentuk pada adukan plesteran yang sudah ditempelkan pada pasangan dinding tembok. Setelah itu dilakukan penghalusan dengan menggunakan acian. Teknik lainnya adalah dengan membuat ukiran pada bahan batu alam yang keras, seperti batu candi dan batu palimanan. Kemudian batu ini ditempelkan sebagai bahan pelapis dinding.

3. Kamprot
Kamprot merupakan teknik melapisi pasangan dinding bata atau pasangan dinding tembok lainnya dengan adukan plesteran yang kasar. Teknik pembuatannya dengan cara melemparkan adukan plesteran melalui kawat ayakan pasir yang dibentangkan di depan dinding yang akan dikamprot. Plesteran dibiarkan mengering tanpa diratakan terlebih dahulu. Hasilnya, dinding yang dikamprot akan mempunyai tekstur yang kasar. Selanjutnya permukaan dinding ini diproses finishing menggunakan cat tembok.

4. Permukaan Maju dan Mundur
Model penyusunan bata merah ekspos juga dapat membuat tekstur yang unik pada dinding. Caranya, pasanglah batu bata dengan posisi yang seharusnya, rebah dan memanjang. Kemudian setiap lima buah bata, selingi dengan pasangan berposisi rebadan melebar, lalu teruskan dengan posis rebah dan memanjang kembali. Dengan demikian akan terbentuk pasangan dindino bata merah ekspos yang menjorok keluapada beberapa bagian permukaannya. Dinding pun berkesan maju dan mundur.
Bata merah ekspos digunakan agar tidak memerlukan plester dan acian untuk finishing-nya.


5. Finishing Acian
a. Finishing Acian Menggunakan Kuas
Setelah diberi plester adukan semen dan pasir, proses pelapisan dinding dapat dilanjutkan dengan teknik acian menggunakan kuas. Sapuan kuas pada acian dinding akan menimbulkan tekstur berupa jejak yang cukup menarik. Dianjurkan untuk menggunakan jenis semen instan agar diperoleh hasil yang lebih baik, lebih rata, dan lebih rapi.

b. Finishing Acian Menggunakan Rol
Proses ini hampir sama dengan teknik kuas. perbedaannya hanya pada penggunaan alat. Acian yang digunakan harus bersifat lebih cair agar dapat dioleskan menggunakan rol. Teknik ini akan menghasilkan dinding dengan permukaan yang lebih rata tapi memiliki tekstur.

6. Bentuk Custom-Made
Banyak hal lain yang juga dapat diterapkan pada proses pembuatan dinding, seperti membentuk tekstur dengan menggunakan kape dan plamir tembok. Beberapa contohnya, antara lain:
• Bentuk Cacing (curve), didapat dari plamir tembok yang dibuat agak melengkung, pendek, dan menyebar secara merata pada dinding. Tampilannya seakan-akan terdapat ratusan cacing pada permukaan dinding.

• Bentuk Gelombang/Bentuk Sisik. diperoleh dari sapuan kape atau kuas dengan bentuk 1/2 lingkaran yang dipasang berbaris seperti sisik ikan.
• Bentuk-bentuk tekstur lainnya dapat dibuat beragam berdasar ide dan kreativitas kita.

Demikian artikel pada segmen "6 Model Dinding Bertekstur" ini. Semoga bermanfaat.


8 comments:

  1. bagus nie buat recomended kalau mau bongkar - bongkar rumah.
    Biar dindingnya ga monoton

    ReplyDelete
  2. bagus nih gambarnya. buat dekor rumah baru ane di CitraLake Sawangan gan


    Rumah minimalis dengan nuansa danau, klik http://www.citralakesawangan.com/children_playground/

    ReplyDelete
  3. Setelah keliling2 akhirnya ketemu disini artikel yg dicari. Terima kasih gan, artikelnya sangat uinspiratif dan informatif. Kebetulan mau renovasi rumah nih. Oya bagi yang mencari informasi seputar Bawang dayak atau Bawang Berlian, obat herbal segala macam penyakit silahkan ke blog saya : http://bawangberlian1.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Dinding bertekstur ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Apabila anda ingin membuat dinding dengan tekstur batu bata natural silahkan kunjungi website kami : http://bakoelbata.com/gambar-rumah-bata-expose-unik/

    ReplyDelete
  5. Desainnya menarik gan. kunjungi juga rumah kami ya di DesainRumahUnik

    ReplyDelete
  6. boleh juga nih idenya, makasi ya.
    Tips cari rumah dijual dengan mudah.

    ReplyDelete
  7. thanks gan untuk informasinya, bagus banget dan bermanfaat banget untuk yang membaca

    yuk gan disimak untuk informasi properti berupa rumah, barangkali ada yang lagi cari rumah gan


    rumah disewakan
    rumah jogja
    iklan rumah
    jual rumah surabaya

    thanks gannn

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda