WORK from home alias bekerja dari rumah kini menjadi pilihan banyak orang. Berbagai alasan menyertai hal ini. Pertama, waktu yang fleksibel yang dapat diatur sendiri. Kedua, tak perlu ongkos untuk berangkat ke kantor. Ketiga, masih dapat menjaga
anak-anak (terutama bagi wanita). Kalau bekerja dari rumah sudah menjadi pilihan, mau tidak mau Anda mesti menyediakan sarana dan tempat untuk bekerja. Walaupun rumah, ruang bekerja sebaiknya dibuat terpisah dengan ruang lainnya. Ini untuk mencegah terganggunya konsentrasi Anda, sekaligus mencegah hasil karya Anda hilang atau rusak dari tangan tak sengaja.
Sebelum membuat ruang kerja, sebaiknya daftar dulu benda-benda yang Anda butuhkan dalam bekerja. Hal ini penting untuk menentukan besaran ruang kerja yang Anda butuhkan. Berikut beberapa poin yang mesti Anda pertimbangkan.
- Apakah Anda hanya menggunakan komputer saja ataukah perlu sebuah printer?
- Apakah Anda akan menggunakan PC atau sebuah laptop?
- Apakah Anda akan memakai telepon atau butuh tambahan mesin fax?
- Seberapa banyak kertas-kertas dan buku-buku yang Anda perlukan?
Anda dapat menambahkan sendiri poin-poin tadi, sesuaikan dengan profesi Anda, masing-masing profesi berbeda kebutuhannya. Namun yang perlu anda ingat adalah sediakan area kosong untuk Anda bergerak dan area kosong untuk meletakkan berkas disamping Anda (yang biasa dibutuhkan ketika bekerja).
Walaupun bekerja dirumah, bukan berarti Anda tak harus berapi-rapi; Anda tetap harus menertibkan tumpukan kertas-kertas, buku-buku, berkas-berkas dan segala macam kebutuhan Anda. Buatlah tempat penyimpanan yang efektif dan efisien agar Anda menemukan benda-benda tersebut ketika dibutuhkan.
|
Cozy Elegan |
|
Desain Minimalis |
|
Desain Naturalis |
|
Minimalis dilengkapi dengan ruang istirahat |
|
Elegan Desain |
|
Dominasi Rak Buku Referensi |
Mantap
ReplyDelete