07 November 2012

Tip dan Teknik Soft Furnishing

Posted by Unknown On Wednesday, November 07, 2012 No comments
TEKSTIL rumah tangga, sering disebut sebagai soft furnishing, adalah kain yang digunakan di rumah. bahan tersebut seperti, seperti handuk mandi dan piring, taplak meja, tirai mandi, dan kamar mandi. Item terkait termasuk lembar, sarung bantal, kasur, selimut, selimut, dan seprei. Selain itu, produk tekstil berkontribusi terhadap suasana dan kenyamanan.

http://rumahidaman87.blogspot.com/

Berikut adalah Tip dan Teknik Soft Furnishing



Peralatan Dasar

  • Gunting kain
  • Meteran atau penggaris logam
  • Strika dan meja strika
  • Pensil 
  • Kapur dan pensil tukang jahit
  • Jarum pentul dan jarum jahit
  • Mesin jahit
  • Benang jahit katun dan poliester
Gunting
Sangat penting untuk memiliki gunting kain yang baik untuk memotong bahan. Ukuran gunting bervariasi dari gunting renda yang kecil hingga gunting kain yang besar. Akan sangat membantu jika Anda memiliki gunting kecil untuk menggunting sisa kain dan meratakan sisi bahan.

Meteran
Sebaiknya Anda memiliki meteran kualitas baik berukuran sekitar 3m untuk tirai  serta meteran yang lebih kecil dan fleksibel untuk mengukur sudut dan lengkungan yang  sulit diukur.Penggaris juga sangat berguna saat Anda mengukur bujur sangkar sempurna pada bahan untuk bantal dan proyek lain yang melibatkan kain berbentuk bujur sangkar.

Jarum Jahit
Anda mungkin membutuhkan beraneka ragam ukuran, panjang, dan ketebalan tergantung dari jenis kain dan benang yang Anda gunakan

Jarum Pentul
Jarum pentul yang paling baik dapat digunakan pada bahan yang tipis maupun tebal. Carilah jarum pentul dengan kepala bulat karena akan mudah dipegang dan dilihat pada kain. Selain itu, jarum pentul jenis tersebut tidak menyakiti ujung jari Anda ketika menekannya ke dalam kain.

Striker Strika
Alat yang sangat berguna dan dapat digunakan sebagai pengganti hem yang dijahit. Anda harus mengikuti petunjuk penggunaan dari pembuatannya. Namun biasanya Anda harus menggunakan spons basah untuk membantu menempelkannya dengan strika.

Perangkat Mata Ikan
Perangkat mata ikan dapat dibeli dalam satu set, yang terdiri dari mata ikan dan alat pemasangan pada kain. Anda dapat menemukan mata ikan dalam berbagai ukuran dan warna seperti perak atau emas.

Kapur Jahit
Ini adalah cara yang sangat berguna untuk menandai kain karena kapur dapat dihapus dan tidak menodai atau membekas pada kain secara permanen. Kapur jahit dibuat dalam berbagai bentuk termasuk berbentuk gepeng atau pensil.

Benang Katun Dan Polester
Warna yang sesuai dengan kainnya dibutuhkan untuk jahitan yang akan terlihat. Keuntungan menggunakan benang katun adalah benang tersebut dapat langsung ditarik putus jika Anda membuat kesalahan. Sementara benang poliester harus digunting atau di urai karena kuat sampai-sampai dapat menyebabkan kain sobek.

Mesin Jahit
Mesin jahit baik untuk mendapatkan hasil yang cepat dan efektif serta dapat menghemat waktu Anda. Sebaiknya Anda mencoba berbagai jenis jahitan pada sepotong kain sebelum Anda memulai kerja, untuk meyakinkan ketegangannya tepat. Kebanyakan mesin jahit memiliki berbagai macam jenis jahitan yang dapat Anda gunakan sehingga Anda dapat dengan mudah menyesuaikan jenis jahitan dengan efek yang ingin Anda capai.

Demikian artikel " tip dan teknik soft furnishing" ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda