15 November 2012

Feng Shui WC Di Samping Pintu Utama

Posted by Unknown On Thursday, November 15, 2012 No comments
PENEMPATAN Toilet di bagian depan rumah dengan posisi sebelum pintu masuk menuju ke ruang tamu akan memberi rasa kurang nyaman pada pada orang yang akan bertamu atau masuk ke rumah. Sebab mereka harus melewati toilet yang biasanya diberi jendela ventilasi untuk membuang udara kotor. Suara aktitias di kamar mandi akan terdengar dari depan serta bau toilet akan berhembus sehingga terhirup orang yang kebetulan lewat di dekatnya.

Toilet depan rumah akan memberikan kesan tidak nyaman
Desain toilet yang di posisikan di bagian depan rumah, umumnya berdekatan dengan letak pintu masuk masuk, bahkan ada yang lebih maju dari letak pintu utama. Ini dirancang untuk memudahkan atau membatasi tamu yang akan menggunakan toilet agar tidak mengganggu privasi penghuni rumah. Ditinjau dari sistematika desain sangat memang sangat praktis serta efektif. Namun ada nilai-nilai yang terlupakan, karena berdampak merugikan.


Survei yang penulis lakukan terhadap letak toilet di bagian depan rumah ternyata cukup merugikan penghuni. Toilet di sisi depan rumah sering mengundang pencurian atau penipuan pada pemiliknya. Penelitian Feng Shui terhadap letak toilet di depan memperlihatkan, bila posisi toilet di area positif (pintu rezeki), mayoritas rumah pernah kedatangan pencuri dalam berbisnis sangat sering tertipu. Bahkan penulis pernah menemukan rumah yang sudah delapan kali dan yang ke-11 kali dimasuki pencuri, semuanya disebabkan karena letak toilet yang salah

Dari survei penulis, menyimpulkan bahwa letak toilet sebaiknya tidak berada bagian depan rumah, sebaiknya  memperhatikan beberapa syarat Feng Shui untuk pencegahan berikut ini.

"Letak harus berada di bagian energi jelek (bukan di area positif). Dijauhkan dengan pintu masuk. Serta jangan lebih maju dari pintu masuk"


Bagi yang sudah terlanjur membuat toilet di sisi depan rumah, sebaiknya
1. Menutupi dinding yang bersinggungan dengan eksterior rumah dengan tanaman (boleh di pot) dengan ketinggian sedang (setinggi badan orang) dan rimbun. Tujuannya untuk menutupi dinding toilet agar tidak terlihat jelas dari jalanan.

2. Ada juga yang menggunakan cermin untuk ditempel di sisi luar dinding, tujuannya sebagai penolak hawa jelek

3. Ada juga yang menggunakan keramik atau granit dengan warna tertentu untuk menyiasati posisi toilet yang salah, tetapi harus menggunakan pilihan warna yang tepat sesuai kedudukan rumah.


Oleh Mas Dian, MRE

Demikian artikel Feng Shui WC Di Samping Pintu Utama. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda