10 November 2012

Feng Shui Kamar Tidur di Bawah Lintasan Tangga

Posted by Unknown On Saturday, November 10, 2012 2 comments
http://rumahidaman87.blogspot.com/
KAMAR tidur yang terletak dibawah tangga, dalam Feng Shui dinilai kurang baik. Tapi terkadang ada kasus dimana posisi kamar tidur itu tidak benar-benar berada di bawah/kolong tangga, melainkan hanya sebagian yang "dilewati" oleh tangga. Bagaimana bila kasus seperti ini? Dalam penjabaran Feng Shui, posisi kamar seperti ini identik dengan kamar tidur di bawah tangga. Karena posisi kamar seperti ini juga dinilai kurang baik, walaupun yang kena lintasan hanya sedikit saja dari plafon yang ada di kamar tersebut.


Mengganggu Kesehatan
Posisi kamar seperti ini memberikan dampak yang kurang baik, yaitu sering mengganggu kesehatan para penghuninya menjadi seorang pelupa atau pemalas. Kalau kamar seperti ini ditempati oleh pemilik rumah, tentunya akan mengganggu karier dan usaha yang ditekuninya, karena analisis bisnis sering mengalami salah perhitungan. Sedang kalau digunakan untuk kamar anak, dapat menurunkan stamina anak dalam belajar. Bukti penjelasan ini sudah banyak ditemukan oleh penulis.

Ada banyak faktor logis yang mendukung penjelasan tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Kamar terkena lintasan tangga biasanya lebih berisik karena gangguan suara langkah kaki yang melalui anak tangga, sehingga mengganggu ketenangan dalam kamar.
  • Lintasan anak tangga (khususnya dari kayu) yang tidak memiliki penutup dasar yang baik, akan menyimpan lebih banyak debu dan kotoran setiap saat bisa menyebar ke ruang di bawahnya. Debu yang mengandung virus ini dapat mengundang penyakit.
  • Bagian plafon yang terkena lintasan tangga akan menciptakan bentuk plafon kamar yang miring. Bentuk ini dalam Feng Shui nilainya tidak baik. karena dapat mengganggu keseimbangan orang yang tinggal di bawahnya. Plafon miring dapat menyebabkan sinyal keseimbangan seseorang menjadi tidak selaras, sehingga menimbulkan dampak yang tidak baik bagi syaraf dan dapat menyebabkan menjadi pelupa.
  • Zaman sekarang banyak tangga yang dibuat dari rangkaian besi beton yang rapat. Rangkaian besi beton ini juga menimbulkan efek yang tidak baik bagi orang yang tinggal di bawahnya, karena gaya magnetik akan mengacaukan sistem syaraf.
Tangga Di Dalam Kamar
Untuk desain tertentu, penulis sering menemukan adanya tangga yang sengaja dirancang berada di dalam kamar tidur. Desain ini tentunya mengikuti permintaan pemilik rumah dengan tujuan tertentu, misalnya pemilik rumah ingin memiliki ruang khusus di bagian atas atau bawah dari ruang kamarnya dan tidak mengizinkan orang lain masuk atau mengetahuinya. Desain ini tidak termasuk sebagai posisi kamar di bawah tangga. Namun demikian, kasus seperti ini memiliki main Feng Shui  tersendiri yang mesti dijadikan pertimbangan khusus, sebab tangga dalam Feng Shui identik dengan pemancar energi Sha Qi/hawa perusak.

Langkah yang paling baik yang dapat diambil adalah menempatkan tangga dalam bilik khusus, sehingga orang yang sedang tidur di tempat tidur dapat melihatnya. Misalnya tangga ditutup dengan penyekat dibagian bawah anak tangga yang miring dijadikan sebagai lemari/gudang. Komposisi ini harus tetap kotak/segi empat yang utuh. Kalau menginginkan posisi tangga tetap terbuka, sebaiknya letakkan tempat tidur di lantai bagian atas. Sedangkan lantai bawah tempat tangga berada dijadikan sebagai ruang santai, bukan untuk tempat tidur.

Disusun oleh Mas Dian, MRE

Demikian artikel segmen "feng shui kamar tidur di bawah lintasan tangga" ini. Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari kasur merk american silahkan cek di sini : Springbed American
    WA : 081249676477
    Springbed Malang
    Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda