12 November 2012

Tip Menghemat Listrik

Posted by Unknown On Monday, November 12, 2012 1 comment
http://rumahidaman87.blogspot.com/
MUNCUL nya berbagai macam peralatan elektronik yang menggantikan alat-alat mekanik manual (tanpa listrik) menumbuhkan ketergantungan manusia terhadap listrik. Bukan berarti kita tidak bisa hidup tanpa listrik, namun hampir semua alat rumah tangga memerlukan listrik sebagai sarana untuk menjalankannya. Sementara sumber penghasil energi listrik di Indonesia sangat terbatas. Karena itu kita peru melakukan efisiensi pemakaian listrik, agar sumber daya alam tidak cepat terkuras, dan menjadi lebih irit dan hemat tagihan bulanan.

Kenali listrik di rumah Anda. Apakah sudah sesuai dengan standar yang dianjurkan?. Seandainya pemakaian daya dengan kebutuhan. Semakin kecil daya yang dipakai, semakin rendah tagihan listriknya. Berikut ini adalah tips atau langkah-langkah dalam penggunaan listrik dari sisi penggunaan alat-alat elektronik di rumah.
A. Memilih Lampu
Pilihlah lampu hemat energi, padamkan lampu jika tidak digunakan. Kurangi pemakaian lampu antara pukul 17.00 - 22.00, serta pilih warna terang untuk dinding rumah agar cahaya lebih optimal.

http://rumahidaman87.blogspot.com/


B. Audio &  Video
Gunakan audio dan video dengan posisi stand by; Gunakan listrik seperlunya sesuai yang acara yang diminati. Dengan demikian Anda telah/sedang melakukan penghematan; Biasakan mematikan televisi bila tidak digunakan, demikian pula dengan perangkat lainnya seperti DVD, HiFi dan Home Theater.

http://rumahidaman87.blogspot.com/


C. Kulkas
Atur suhu kulkas dengan tingkatakn dingin sesuai dengan kondisi normal; Hindari membuka dan menutup secara berlebihan yang mengakibatkan kulkas bekerja lebih keras; Hindari pengisian kulkas yang berlebihan. Hal ini untuk menghindari sirkulasi udara dingin yang tidak maksimal; Latakkan kulkas pada ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup baik; Beri celah yang cukup antara kulkas dengan dinding agar hawa panas di sekitar kondensor di sekitar cepat hilang.

http://rumahidaman87.blogspot.com/

D. Menghemat dan Merawat AC
Pilih AC hemat energi dengan watt yang cukup untuk mendinginkan ruangan; Matikan AC bila tidak diperlukan; Atur suhu yang sesuai dengan kebutuhan, idealnya suhu ruangan sekitar 26'C; Sesuaikan luas ruangan dengan AC yang dibutuhkan terutama besaran PK-nya; Lakukan perawatan AC secara berkala, agar dinginnya tetap terpelihara; Insulasikan rumah Anda dengan baik, karena hal ini akan mengurangi beban kerja AC;

http://rumahidaman87.blogspot.com/

E. Water Heater
Atur suhu sesuai keinginan, tidak terlalu panas atau sebaliknya. Suhu atau temperatur akan mempengaruhi asupan pemakai listrik; Instalasi pipa-pipa dengan baik, sehingga suhu panas tidak terbuang percuma.

http://rumahidaman87.blogspot.com/

F. Mesin Cuci
Pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda dan sekeluarga besar, gunakan mesin cuci ukuran 8 kg. Apabila Anda keluarga kecil, cukup memakai kapasitas mesin cuci 5 kg; Isi mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya. Apabila kapasitasya berlebihan atau kurang maka akan boros dalam pemakaian listriknya dan hasilnya tidak optimal.

http://rumahidaman87.blogspto.com/

G. Pompa Air
Dianjurkan untuk memiliki bak penampung air sehingga frekuensi Anda memati-hidupkan pompa berkurang. Dengan ini Anda bisa menghemat listrik.

http://rumahidaman87.blogspot.com


Demikian artikel serial menghemat listrik ini. Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat. menjadi tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Bagi yang ingin mendapatkan tips dan tutorial seputar listrik lainnya, kunjungi "Voltechno.net"

    Thanks

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda