12 November 2012

Kiat Menghemat Listrik di Rumah

Posted by Unknown On Monday, November 12, 2012 1 comment
http://rumahidaman87.blogspot.com/
 LISTRIK adalah salah satu prasarana utama dalam kehidupan manusia, tanpa listrik sebagian besar aktivitas manusia akan terganggu bahkan bisa berhenti. Melakukan penghematan listrik di rumah bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dari sisi desain rumah dan pemakaian listrik di rumah. Berikut adalah tip yang bisa kita ikuti:

Desain Rumah
Desain rumah amat sangat menentukan pemakaian listrik, rumah dengan banyak bukaan memungkinkan cahaya dan udara leluasa mengalir. Anda tidak perlu menyalakan lampu di siang hari dan dapat menekan penggunaan AC, atau bahkan tidak sama sekali. Bagaimana mendesain rumah hemat listrik?

http://rumahidaman87.blogspot.com/
* Usahakan selalu ada bukaan ini. bisa berupa bukaan samping (jendela) atau bahkan bukaan atas (bovenlicht). Idealnya setiap ruangan memiliki dua bukaan pada sisi dinding yang berbeda. Jendela yang besar dan lebar memungkinkan pencahayaan yang melimpah sepanjang hari. Sebaiknya memiliki bukaan/kisi-kisi di atas, fungsinya untuk mengalirkan udara terutama di malam hari saat kita menutup pintu dan jendela.
http://rumahidaman87.blogspot.com/

http://rumahidaman.blogspot.com/

* Pemakaian jendela ganda seperti jelusi. krepyak lebih dianjurkan. Dari cara membukanya jalusi membuka keluar, sementara jendela kaca membuka ke dalam. Pola semacam ini bisa ditemui di rumah-rumah belanda. Posisi tertutup jalusi membelok cahaya namun membiarkan udara lewat. Di pagi hari saat kita saat membutuhkan cahaya, jalusi maupun jendela dalam dapat kita buka.


* Memiliki bukaan yang menghadap ke barat sah-sah saja, namun sebaiknya dirancang dengan baik karena intensitas cahaya matahari yang tinggi. Pada ruang-ruang yang dapat menghadap barat antara siang-sore hari adanya jalusi sangat menguntungkan. Dengan membuka jendela kaca ke dalam, intensitas cahaya matahari bisa di redam sementara udara tetap mengalir melalui jalusi. Dengan demikian pula di malam hari saat kita merasa kepanasan, Anda cukup membuka jendela dalam dan membiarkan angin berembus melalui jalusi.

* Udara panas akan naik ke atas, untuk membuat ruang di bawahnya dingin Anda bisa membuatnya semacam lubang pada plafon yang mirip cerobong yang dapat mengalirkan udara panas ke luar. Memasang insulasi pada plafon akan mengurangi panas matahari yang merambat melalui genteng.

Demikian artikel serial rumah hemat listrik ini. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat. menjadi tambahan ilmu pengetahuan untuk kita semua. Bagi yang ingin mendapatkan tips dan tutorial seputar listrik lainnya, kunjungi "Voltechno.net"

    Thanks

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda