10 November 2012

Filosofi Toilet Dalam Feng Shui

Posted by Unknown On Saturday, November 10, 2012 No comments
MANUSIA sebagai unsur mikro harus bisa menyelaraskan atau menyesuaikan diri dengan kekuatan alam.Seperti konsep Feng Shui yang menyarankan untuk mencari lokasi tempat tinggal berdasarkan norma/nafas alam, demikian pula bangunan rumah yang menjadi tempat hunian sudah seharusnya meniru bentuk alam yang menggambarkan struktur tubuh manusia.

http://rumahidaman87.blogspot.com/

Dilihat dari sisi makro, rumah harus
bisa menggambarkan adanya gunung, lembah, sungai, maupun langit yang menggambarkan dengan bumbungan atap, topografi lantai, saluran air, taman, dan sebagainya. Sedang dari sisi mikro, rumah digambarkan menyerupai tubuh manusia, dengan pintu yang identik dengan mulut, jendela dengan mata, dapur dengan lambung dan toilet (kamar mandi) sebagai dubur.

Lebih baik dibelakang
Ada hal menarik tentang letak toilet (kamar mandi) dengan filosofi diatas. Bagian tersebut mengisyaratkan bahwa letak toilet (kamar mandi) atau kamar mandi paling tepat berada dalam sisi belakang dari tata ruang bangunan. Struktur ini identik dengan posisi dubur seseorang yang posisinya ada di bagian belakang tubuh. Posisi toilet (kamar mandi) di bagian belakang rumah akan memberi nilai keselarasan yang benar karena dirancang dengan memperhatikan konsep hubungan keselarasan antara alam yang makro dan kehidupan yang mikro. Selain itu, posisi ini juga memberi sisi positif yang lebih benar bagi kesehatan maupun etika pergaulan, karena posisi toilet (kamar mandi) yang identik dengan bau tak sedap atau kotor, sebaiknya dijauhkan dari fungsi ruang pada umumnya digunakan oleh penghuni untuk waktu yang lebih lama, misalnya kamar tidur dan ruang keluarga.

Didepan Menyalahi Filosofi
Dengan masuknya konsep arsitektur Barat Modern, filosofi keselarasan ini mulai ditinggalkan karena masyarakat lebih banyak yang terjebak dalam konsep yang pragmatis, kemudian meninggalkan desain tradisional yang penuh dengan filosofi dan mengubahnya dengan desain yang lebih trend. toilet (kamar mandi) pun diletakkan dibagian depan rumah sebagai simbol lambang kemajuan. Mendesain rumah seperti ini bukannya sebagai larangan tetapi menyalahi filosofi hubungan alam dengan manusia sehingga dampaknya cepat atau lambat akan menimbulkan kerugian bagi penghuninya.

Oleh Mas Dian, MRE.

Demikian artikel segmen "filosofi toilet dalam feng shui" ini. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda