12 October 2012

Tips Aplikasi Cat Dekoratif

Posted by Unknown On Friday, October 12, 2012 No comments
Cat dekoratif suatu elemen dekoratif interior ruangan

CAT DEKORATIF sesuai fungsinya sebagai salah satu elemen dekoratif interior ruangan, ada berbagai pilihan dalam menggunakan cat dekoratif. Namun, kecermatan dalam memilih warna, corak/motif dan tekstur perlu disertai kejelian dalam mengaplikasikanaya secara tepat.

Alih-alih menjadi lebih cantik dan nyaman, ruangan justru bisa lebih sesak, telalu ramai, dan kehilangan suasana yang diinginkan, akibat salah pilih cat dekoratif. Oleh karena itu, memasukkan hal-hal berikut ini kedalam pertimbangan Anda ketika akan memutuskan pilihan cat dekoratif apa yang akan dipakai, sehingga tujuan mempercantik dan memberi mood yang "pas" pada ruangan anda bisa tercapai:

Fungsi ruangan dan kesan yang ingin ditimbulkan
  1. Cat dekoratif dengan teknik sponging, colour whasing, dry brushing dalam warna-warna muda yang segar sangat cocok untuk kamar tidur anak.
  2. Kamar tidur dewasa bisa menggunakan teknik roller fidgeting dan stippling yang menghasilkan corak lebih halus dan lembut dalam warna-warna calm yang lebih gelap sehingga elegan.
  3. Untuk ruang tamu dan ruang kerja, teknik roller fidgeting, draging, dan combing bisa menjadi pilihan karena memperkuat kesan formal dan serius
  4. Ruang makan dan ruang keluarga akan terasa lebih ceria dengan polesan cat dekoratif teknik ragging atau frottage.
  5. Area dapur pun bisa tampil memikat dengan teknik spattering pada salah satu sisi dindingnya

Benduk dan ukuran ruangan
  1. Untuk ukuran yang tidak terlalu luas, gunakan teknik cat dekoratif yang menghasilkan corak dan tekstur kecil-kecil, halus dan acak agar ruangan tidak terasa penuh. Misal teknik spoging, colour washing, stippling dan spattering 
  2. Untuk mengurangi kesan kosong pada ruangan yang lebih besar dan luas sehingga terasa lebih nyaman, gunakan cat dekoratif yang menghasilkan corak maupun tekstur besar-besar, misalnya teknik dry brushing, ragging, combing dan frottage.
  3. Teknik draging dan combing dalam corak vertikal bisa memberi kesan ruangan lebih tinggi dan bersuasana formal.
 Kondisi fisik ruangan
Perhatikan  apakah ruangan cukup mendapat cahaya matahari atau memiliki penerangan yang memadai, mempunyai bukaan pintu dan jendela.
  1. Jika ruangan cukup terang terbuka, Anda bisa lebih memilih warna, corak dan tekstur cat dekoratif.
  2. Sedangkan untuk ruangan-ruangan yang gelap karena kurang cahaya/bukaan, sebaiknya dipilih teknik cat dekoratif yang tidak menambah kesan berat. Hindari warna-warna gelap dan teknik frottage dan ragging dengan tekstur cat yang terlelu tebal.
Karakter  penghuni rumah
Karakter kepribadian yang Anda miliki bisa ditampilkan melalui pilihan cat dekoratif pada dinding kamar pribadi atau ruang kerja pribadi Anda. Demikian pula karakter unik pada anak-anak dan penghuni rumah lainnya, akan terwakili lewat pilihan dan teknik cat dekoratif yang tepat.
  1. Motif colour washing, dry brushing dan spattering yang bebas dan penuh warna akan terasa pas bagi pribadi yang ceria, spontan dan terbuka.
  2. Motif spoging, roller fidgeting dan stippling yang kalem cocok untuk pribadi yang lembut, feminim dan sensitif.
  3. Karakter pribadi yang kuat, tegas dan berani akan makin tampil dengan pilihan motif combing, dragging, frottage dan ragging yang bertekstur tebal
Jangan lupa, sesuaikan pilihan dan warna dengan mood dan karakter dominan Anda. Anda tentu tahu bahwa warna dipengaruhi oleh mood, selera dan tingkat energi kita. Oleh karenanya pertimbangan dalam memilih warna perlu disesuaikan dengan aspek emosi atau mood yang ingin dibangun. Tentukan warna yang sesuai dengan mood Anda, Apakah warna-warna hangat yang energetik, atau warna-warna sejuk yang menyenangkan buka?

 Demikian artikel pada segmen "tips aplikasi cat dekoratif" ini, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda