18 October 2012

Pentingnya Void Pada Bangunan Dua Lantai

Posted by Unknown On Thursday, October 18, 2012 No comments
Void jadi solusi sirkulasi udara yang ideal pada setiap bangunan lantai dua
Penambahan lantai secara penuh umumnya akan "menceraikan" ruang di lantai dasar dengan lantai atasnya. Kondisi seperti ini pasti membuat kita merasa sesak, dan tidak nyaman, karena pandangan mata keatas terbatas oleh atap yang sempit.

Konsep perencanaan ruang berlantai lebih dari satu, yang menempatkan sebuah area "terbuka" untuk dinikmati secara bersama-sama dari setiap lantai, sesungguhnya tak hanya berfungsi untuk membuat kita yang ada didalamnya terasa lega. Void juga menjadi solusi penghawaan dan sirkulasi udara yang ideal pada setiap lantai bangunan,
sehingga kualitas udara pada setiap lantai bisa terjaga dan merata secara konsisten. Konsisten di sini artinya, kita tidak akan menjumpai perbedaan suhu ruangan yang sangat ekstrem antara tempat yang satu dengan tempat yang lain dalam satu ruangan tersebut.

Fungsi lain dari adanya void dalam sebuah bangunan yang bertingkat adalah kemudahan pengelolaan dan penataan pencahayaan dalam ruang. Dapat dibayangkan betapa suramnya ruangan dilantai satu manakala seluruh plafonya terhimpit rapat-rapat oleh lantai pada ruangan diatasnya. Apabila sekeliling ruangan di lantai satu adalah dinding vertikal tanpa bukaan di salah satu sisinya, makin tak tak terperikan betapa gelap dan sumpeknya ruangan di sini.

Maka, tiga kombinasi fungsi keberadaan void (1) pencahayaan; (2) penghawaan; (3) efek psikologi yang ditimbulkan, adalah jalinan kesatuan yang tak terpisahkan manakala kita melihat peran sebuah void. Pemisahan dua lantai tanpa menciptakan "penghubung" berupa void akan menghasilkan ruangan yang lebih gelap, menimbul udara yang lebih pengap, dan menciptakan suasana batin/psikologis yang sumpek.

Penempatan Void Yang Tepat
Void dapat diletakkan persis ditengah-tengah ruangan, sehingga lantai di level dua terletak pada sekeliling area void  Bisa juga terletak pada salah satu sisi dari ruangan. Misalnya dibagian ujung depan dengan ujung belakang. Misalnya dibagian ujung depan atau ujung belakang, samping kiri atau samping kanan dari luasan lantai yang hendak ditingkat.

Void jadi solusi sirkulasi udara yang ideal pada setiap bangunan lantai dua

Pilihlah penempatan ini sangat tergantung dari pertimbangan dan penggunaan ruang dimana void akan diletakkan. Void yang terletak di area ruang keluarga lantai satu menjadi pilihan manakala ruang ini adalah ruang yang paling sering digunakan pada rumah di mana halaman depannya masih sangat terbuka dan posisi rumah menghadap tidak kearah barat, mengingat sinar matahari pada waktu berada justru sebaiknya dihindari.

Demikian artikel segmen "pentingnya void pada bangunan dua lantai" kali ini. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda