12 October 2012

Trik Memilih Warna Cat Dekoratif

Posted by Unknown On Friday, October 12, 2012 2 comments
Kesalahan memilih cat akan memperburuk suasana tampilan rumah
MEMPERBARUI tampilan dinding adalah salah satu cara untuk mempercantik rumah melalui eksplorasi cat dekoratif. Cara ini memungkinkan seseorang bebas berkreasi dalam menciptakan kesan ruang yang berbeda. Dinding tidak hanya polos tetapi lebih bercorak dan memiliki tekstur sehingga tidak monoton. Namun apa jadinya jika salah dalam pemilihan warna,  bukannya untuk memperindah ruangan Anda, tetapi malah memperburuk suasana ruangan Anda.

Agar anda tidak salah menyesal dikemudian hari, berikut beberapa trik memilih warna cat dekoratif
Warna-Warna Hangat
Terdiri dari kelompok warna-warna merah, orange dan kuning. Disebut warna hangat karena menimbulkan asosiasi dengan yang panas seperti api atau cahaya matahari, sehingga secara psikologis kita merasa hangat. 
  1. Kuning warna kuning adalah warna yang paling mudah menarik perhatian dan pandangan mata, sehingga bisa menghidupkan atau memberi aksen, misalnya jika digunakan diruang kerja, di kantor, di foyer atau koridor yang kurang cahaya penerangan. Warna kuning juga bisa meningkatkan mood jika diaplikasikan di ruang tidur orang berusia lanjut. Namun, jangan menggunakan warna kuning yang terlalu cerah karena bisa menimbulkan kecemasan pada bayi, anak-anak dan orang tua.
  2. Merah warna yang kuat dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sering menimbulkan perasaan intim, membangkitkan energi, hasrat dan seksualitas. Warna merah sering digunakan di restoran dan merupakan pilihan yang baik untuk ruang makan di rumah.
  3. Oranye warna ini menghangatkan ruangan namun tidak sedramatis dan sekuat pengaruh warna merah. Mood yang timbul oleh warna ini lebih bersahabat dan lebih terbuka, sehingga cocok untuk ruang keluarga serta kamar tidur anak.
Warna-warna Sejuk
Terdiri dari kelompok warna-warna biru, hijau dan ungu, Disebut warna sejuk karena mengingatkan pada pemandangan laut dan pedesaan, yang menimbulkan perasaan damai, sentosa dan santai
  1. Hijau sebagai warna dominan di alam, kita merasa nyaman dengan adanya warna hijau dibagian manapun rumah kita. Warna-warna hijau muda cocok untuk kamar mandi dan ruang keluarga, sedangkan warna-warna hijau medium merupakan aksen yang terbaik untuk dapur dan ruang makan.Efek menenangkan yang ditimbulkan juga membuatnya populer sebagai warna dominan dirumah sakit, sekolah, dan lingkungan kerja.
  2. Biru warna biru yang menyejukkan merupakan pilihan ideal untuk kamar tidur orang dewasa dan anak-anak. Namun, warna yang meninabobokan ini juga sekaligus menekan nafsu makan, jadi jauhkan dari ruang makan.
  3. Ungu warna ini menimbulkan respon positif pada anak-anak, sehingga bisa diterapkan dikamar tidur dan area bermain mereka. Namun, banyak orang dewasa yang kurang menyukai warna ini sehingga sering disiasati dengan menambahkan suasana warna pink atau rose agar lebih sesuai denga selera orang dewasa.
Demikian artikel pada segmen "trik memilih warna cat dekoratif" ini. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Nice post...sebaiknya mesti melihat aspek aspek lain dalam pemilihan warna, sehingga hasilnya menjadi lebih relevan

    ReplyDelete
  2. Halo salam kenal semua, kita mau menawarkan jasa arsitek freelance (desain rumah tinggal, renovasi rumah tinggal, desain interior, perijinan IMB dll)
    Kunjungi web kami di : www.tigars-desain-rumah.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda