15 October 2012

Memaksimalkan Fungsi Garasi 1

Posted by Unknown On Monday, October 15, 2012 No comments
Pemanfaatan ruang sempit yang multifungsi pada garasi
Garasi pada rumah mungil tentu memiliki luas yang terbatas. Umumnya hanya cukup untuk menampung sebuah mobil saja, dengan ruang sirkulasi yang hanya cukup dilalui oleh satu orang saja. Namun kondisi seperti ini tidak menjadi penghalang untuk menjadikannya lebih berfungsi. Satu hal yang paling mungkin untuk dilakukan adalah menggunakannya sebagai ruang penyimpanan gudang. Sehingga perkakas yang jarang digunakan dapat diletakkan di tempat ini.

Untuk membuatnya dapat berfungsi dengan maksimal tanpa harus menambah luas ruang, satu-satunya alternatif adalah memanfaatkan area vertikal, baik keatas maupun kebawah. Pada bidang vertikal kebawah, kita dapat membuat ceruk-ceruk berpenutup pada lantai.
Atau kita dapat menambahkan satu ruang parkir mobil lagi dibawah area parkir yang ada dengan sistem pop up garade. Dengan sistem ini mobil disimpan bertingkat kebawah, sehingga bila bagian bawahnya tertutup bagian atasnya tetap seperti lantai biasa. Ruang parkir di bagian bawah dapat bergerak naik-turun dengan sistem hidrolik. Sayangnya pop up garage ini biayanya masih sangat mahal, mencapai ratusan juta rupiah.

Penambahan ruang penyimpanan di bawah tentu memiliki kelebihan dapat menyembunyikan ruang-ruang penyimpanan di bagian lantai, sehingga tampilan ruang garasi tetap lapang tanpa perkakas. Namun, resikonya cukup besar bagi yang memiliki rumah kawasan banjir. Ceruk-ceruk di lantai tersebut tentu menjadi tempat penampungan air saat banjir datang. Maka, solusi yang paling aman adalah memanfaatkan bidang vertikal ke atasnya.

Kita dapat membuat lemari-lemari gantungan pada dinding garasi sebagai alternatifnya. Atau dapat juga membuat kaitan-kaitan yang kokoh untuk menggantungkan beberapa perkakas hingga sepeda. Kita dapat membuat bidang datar seperti lift yang dapat naik turun untuk menyimpan seperti sepeda motor atau perkakas lainya. Dengan lift ini, ruang bagian bawah dapat difungsikan untuk parkir mobil dan ruang atasnya untuk parkir motor. Memang sepintas garasi semacam ini akan tampak lebih "ramai". Namun jika dapat menata dengan rapi dan terorganisir dengan baik tentu tetap indah dipandang mata.


Demikian artikel pada segmen "memaksimalkan fungsi garasi 1" ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda