28 December 2012

Cara Mudah Membuat Kotak Selimut Meja

Posted by Unknown On Friday, December 28, 2012 No comments
Kotak selimut meja akan menambah suasana hangat pada ruangan

Fungsi taplak meja atau kotak selimut meja tidak hanya sebagai alas, dia juga sebagai pemanis ruangan agar lebih cantik. Anda dapat dengan mudah membuat kotak selimut meja di rumah dengan bahan yang sederhana dengan cara memadukan kursi dengan tempat penyimpanan yang praktis agar kamar tidur Anda tidak berantakan.

Alat dan Bahan
- kotak kayu dengan tutupnya
- meteran
- panel alur timbul (tongue and groove)
- pensil
- gergaji
- lem kayu yang kuat cat dasar
- kuas
- karet busa setebal 4 cm
- cutter
- kain
- mesin jahit atau jarum dan benang katun jarum pentul
- Velcro
Langkah-langkah
1. Ukur kotak dan hitung berapa banyak panel papan beralur yang akan Anda butuhkan. Anda dapat menutup seluruh kotak, atau hanya sisi depan dan sampingnya. Jika lebar panel tidak pas, potong panelnya hingga pas. Tandai ukuran pada panel papan beralur, lalu potong sesuai ukuran tersebut.

2. Gunakan lem kayu untuk memasang papan beralur pada kotak. Setelah kering, tutup seluruh kotak dengan cat dasar lalu biarkan kering. Kemudian laburi dengan satu atau dua lapis cat berbahan dasar minyak. Biarkan kering.

3. Potong karet busa agar pas dengan tutup kotak. Gunting sepotong kain yang lebih lebar 40 cm dari sisi panjang karet busa dan cukup panjang untuk membalut seluruh karet busa dengan kelebihan selebar 15 cm. Lipat di bawah sisi panjang kain lalu jahit hem selebar 1,5 cm. Letakkan karet busa di tengah sisi belakang bahan. Lipat sepanjang sisi panjang hingga kain saling menutup di tengah karet busa.

4. Lipat sisi pendeknya, dengan melipat sudut-sudutnya sama seperti Anda sedang melipat kado, dan tahan dengan jarum pentul. Keluarkan karet busanya lalu jahit bagian yang ditahan jarum dengan tangan. Jahitkan Velcro pada jahitan tengah. Masukkan kembali karet busa, tutup bukaan dengan Velcro tersebut lalu letakkan bantalan, dengan jahitan di bagian bawah, pada tutup kotak.

Demikian artikel pada segmen "cara mudah membuat kotak selimut meja" ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda