18 December 2012

Jenis Rotan Sega

Posted by Unknown On Tuesday, December 18, 2012 1 comment
Jenis rotan yang sangat kuat dan elastis, mudah dibentuk sesuai dengan keinginan
ROTAN SEGA yaitu rotan sega (taman), rotan sega air (ronti), rotan sega badak, rotan irit/jahab. Rotan sega atau taman (Calamus caesius Blume) banyak tumbuh di daerah Kalimantan Tengah. Rotan ini mempunyai beberapa nama daerah, yakni rotan sega (Aceh), rotan segue (Gayo), rotan sego (Sumatra Barat), rotan sega benar/segabuah atau C. optimus dijumpai di Borneo (Sabah, Brunei, Sarawak, Kalimantan). Rotan taman tumbuh di daerah yang kering dan di dataran rendah yang kering sampai berbukit-bukit. jenis rotan ini sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah yang berdiam didaerah sungai Mentaga, sungai Katingan, sungai Kahayan dan daerah lainnya.

Rotan sega tumbuh
secara berumpun dan jumlah tiap rumpun dapat mentapai 100 batang; panjang setiap batang yang sudah dewasa mencapai 50 m atau lebih. Pemanfaatan rotan ini telah digunakan untuk pembuatan lampit, anyaman, mengikat sambungan kursi dan sebagai tali-temali. Batang rotan taman mempunyai kualitas yang mirip dengan C. caesius, kecuali diameternya sedikit lebih besar. Rotan in elastis atau pegas clan tahan-lama dengan permukaan yang licin dan keemasan. Teksturnya yang seragam menyebabkan rotan in terutama cocok untuk dibelah menjadi pita-pita halus. Kualitas batang rotan mudah rusak oleh pemrosesan yang buruk. Kualitas itu juga bergantung pada faktor usia. Batang rotan taman berwarna hijau kekuning-kuningan dan berubah menjadi kuning telur dan mengkilap setelah dirunti dan kering. Diameter batang antara 4 mm - 11 mm dan panjang ruas 15 cm - 30 cm. Sama halnya rotan irit, rotan taman merupakan bahan baku untuk pembuatan lampit dan bahan baku pembuatan anyaman.

rotan sega ayer (Calamus axillaris Becc) tumbuh di dataran rendah, terutama daerah rawa gambut. Rotan ini tumbuh secara berumpun dan jumlah tiap rumpun terdiri atas beberapa batang. Rotan ini berkembang biak dengan tunas batang dan biki yang jatuh tersebar. Daunnya majemuk menyirip dengan panjang lebih dari 2 m termasuk sulur panjat 75 cm. Bentuk anak daun lanset. Buahnya yang sudah matang memiliki ukuran panjang 11 mm dan lebar 9 mm. Batangnya mempunyai diameter 1,3 cm, panjang ruas batang 15 cm, dan panjang batang yang sudah dewasa mencapai lebih dari 10 m. Batang rotan ini digunakan untuk kerajinan, anyaman, dan keperluan lainnya.

Sumber : Serial Rumah

Demikian artikel pada "segmen jenis rotan pulut" ini. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Terimakasih atas kunjungan Anda, dan jangan lupa tekan tombol like dan dan tinggalkan komentar Anda